Motif Batik Wonosobo Semakin Beragam

0 118

Motif Batik Wonosobo Semakin Beragam

Para pelaku industri Batik Wonosobo terus berkembang. Berbagai corak dan motif semakin beragam. Karya tersebut tampak dalam pembukaan Pameran Agropolitan di Gerbang Mandala Wonosobo. Sejumlah model memperagakan kekayaan batik Wonosobo yang memikat. Karakter batik Wonosobo yang disajikan mengusung berbagai potensi Wonosobo. Seperti alam, seni budaya serta potensi tumbuhan khas kota dingin itu. Deretan model dari Bayu Ramli Exis’t Modelling berlenggak-lenggok menunjukkan karya batik batik itu. Motif batik seperti carica lestari dari Talunombo, ratu shima, sampai batik kembang keli karya Yohana Wiera dan motif lainnya ditampilkan dengan apik di depan bupati dan jajaran pejabat Pemkab Wonosobo yang hadir.

Bupati Wonosobo Eko Purnomo menilai, upaya memperkenalkan batik Wonosobo melalui pameran klaster tersebut sebagai inisiatif brilian. “Inovasi para perajin batik khas Wonosobo memang sudah semestinya kita ekspos agar semakin dikenal konsumen, dan melalui media pameran klaster ini saya berharap pasar bisa merespon secara positif,” ungkap Eko seusai menuangkan goresan malam menggunakan canting di kain putih, sebagai bentuk apresiasi atas kreativitas para pembatik. Harapan Eko tersebut seiring dengan tujuan digelarnya pameran klaster dan pasar agropolitan 2016.

Ketua Panitia Penyelenggara Siti Nurmar Asiyah mengurai tujuan digelarnya pameran adalah untuk mempromosikan potensi daerah dan produk-produk unggulan klaster umkm. Batik merupakan salah satu produk unggulan di Wonosobo, menurut Nurmar, juga layak untuk diangkat melalui promosi secara massif. Ajang pameran klaster dan pasar agropolitan  juga bakal menjadi media bertemunya para pelaku UMKM dengan konsumen.

Source http://www.radarkedu.com/ http://www.radarkedu.com/2016/05/05/motif-batik-wonosobo-semakin-beragam/
Comments
Loading...