Motif Batik Tugu Bekasi

0 335

Motif Batik Tugu Bekasi

Kota Bekasi memang tidak bisa lepas dari pengaruh Kebudayaan Betawi dan ditambah unsur-unsur kebudayaan lain dari kaum pendatang yang ikut meramaikan dinamika kehidupan serta kebudayaan Kota Bekasi. Banyak masyarakat Indonesia yang belum mengetahui bahwa Kota Bekasi memiliki kebudayaan khas berupa kain batik.

Motif Batik Bekasi tampil dengan keunikan yang berasal dari kekayaan budaya Bekasi. Corak yang khas yang tak dimiliki oleh daerah lain ditambah dengan warna-warna cerahnya memberikan nilai tersendiri. Batik Bekasi tampil dengan motif-motif yang besar, gambar-gambar ikon yang jelas serta warna cerah menjadi pembeda dari batik daerah lainnya. Salah satu motif batik yang terinspirasi dari sejarah perjuangan rakyat bekasi adalah Motif Batik Tugu Bekasi.

Batik Tugu Bekasi diciptakan oleh Anggota Tim Kreatif Batik Kota Bekasi. Idenya berasal dari sebuah tugu yang terletak di Simpang Jl. Agus Salim dengan Jl. Ki Mangun Sarkoro, Kelurahan Bekasi Jaya, Kecamatan Bekasi Timur. Masyarakat Bekasi menyebutnya sebagai daerah Tugu Bekasi. Tugu ini memiliki sejarah dengan latar belakangnya peristiwa aksi pembakaran Kota Bekasi pada tahun 1945 yang dilakukan oleh Tentara Sekutu dan pertempuran hebat yang terjadi di Kota Bekasi.

Pada bagian atasnya terdapat kepala dengan sekelilingnya terdapat pecahan-pecahan peluru meriam, mortir, granat tangan, dan kelongsong peluru ukuran 12,7 mm yang menghiasi tugu ini. Makna dari motif batik yang dibuat adalah untuk dapat terus mengenang sejarah perjuanagan rakyat Bekasi dalam mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia.

Source Motif Batik Tugu Bekasi Batik
Comments
Loading...