Motif Batik Tolak Angin Dari Aceh

0 329

Motif Batik Tolak Angin Dari Aceh

Aceh sebenarnya tidak memiliki tradisi membatik seperti halnya masyarakat Jawa pada umumnya, namun di bumi Serambi Mekkah ini ternyata mempunyai produk kerajinan batik yang kemungkinan besar dibawa oleh para pendatang dari pulau Jawa sebelumnya. Sejak era kerajaan terdahulu masyarakat Aceh sudah mengenal dan mengenakan batik tulis dalam kegiatan kemasyarakatannya, akan tetapi tidak ditemukan kepastian waktu atau tahun atau catatan sejarah yang secara jelas menjabarkan kedatangan orang Jawa ke Aceh.

Batik Aceh bukan hanya sekedar kain batik tulis dengan segala keindahan yang mengikutinya. Setiap kain batik tulis aceh dalam setiap motif batik nya terkandung makna dan filosofi luhur kehidupan yang menjadi kearifan budaya lokal serta pedoman hidup bagi masyarakat Aceh. Beberapa motif Batik Aceh diantaranya yaitu, motif tolak angin, motif pintu Aceh, motif batik bunga jeumpa, motif batik awan meucanek, motif batik rencong, motif batik awan berarak, gayo, dan motif batik pucok reubong. Berikut ini merupakan detil penjelasan setiap motif batik aceh. Dibawah ini penjelasan singkat tentang salah satu motif batik Aceh yaitu Motif Batik Tolak Angin.

Motif batik Tolak Angin menunjukkan gambar mengenai banyaknya jumlah ventilasi yang ada pada rumah adat Aceh tersebut. Motif batik tolak angin bisa jadi merupakan perlambang bahwa masyarakat Aceh pada umumnya cenderung mudah menerima perbedaan budaya maupun prinsip satu sama lain.

Source https://batik-tulis.com/ https://batik-tulis.com/blog/batik-aceh/
Comments
Loading...