Motif Batik Tertua Di Indonesia

0 33

Batik Tertua yang ada di Indonesia

Nahh didalam catatan sejarah, wilayah yang berada di Indonesia yang tidak mendapatkan pengaruh dari Hindu seperti Toraja pernah berkembang batik dibuat dengan tekhnik wax-resist dyeing, Teknik itu sebutan internasional dimana itu adalah tekhnik pewarnaan kain yang menggunakan malam untuk mencegah pewarnaan sebagian dari kain. 

Batik dapat ditelusuri dengan kain simbut yang berasal dari Banten dan kain ma’a dari Toraja di Sulawesi Selatan yang dipakai sebagai perintang warna mengguanakan bubur nasi. secara geografis,  Toraja, Sulawesi Selatan sudah terisolasi di Pegunungan, para ahli telah menduga bahwa prediksi terbesar batik asli berasal dari Toraja. Dahulu Konon awal mula batik telah diperkenalkan dengan orang India. Dalam bentuk lain dari bagian lainnya yang batik modelnya lebih primitif lebih banyak dimiliki oleh orang Toraja.

Batik Toraja adalah batik tertua di Indonesia dimana batik ini hasil dari pengembangan budaya pada tahap awal saat zaman dahulu yang hanya bisa dinikmati dengan bentuk ukiran dan berada dalam rumah adat, dan dimana dengan seiring berjalannya waktu budaya itu mulai dikembangkan dengan bentuk batik. Warna khas dari Batik Toraja adalah warna merah, putih, kuning dan warna hitam. pada 1 tahun silam, 2004. Batik Toraja mulai diperkenalkan dan dikembangkan batik secara resmi dimana itu mempunyai ide ide dan budaya yang telah menuangkan karya ukir dalam bentuk kain dan memiliki nilai perpaduan tradisional dan modern.

Source https://tabinaco.net https://tabinaco.net/motif-batik-tertua-di-indonesiahttps://tabinaco.net/motif-batik-tertua-di-indonesia
Comments
Loading...