Motif Batik Tangerang

0 432

Motif Batik Tangerang

Motif batik yang ada di Kota Tangerang terus mengalami perkembangan dan tercipta berbagai macam motif batik yang baru. Selama ini motif batik yang dikenal hanya motif batik yang berasal dari Baduy yang terletak di daerah Tangerang Selatan. Saat ini ada dua motif batik yang terkenal dari wilayah Tangerang ini, yaitu Motif Batik Wareng dan Motif Batik Kacang.

Motif batik yang berasal dari buatan masyarakat Tangerang memiliki dominasi warna yang memiliki nuansa gelap dengan bentuk motif yang digambar secara diagonal. Motif batik yang bernama Motif Batik Kacang dan Motif Wereng ini adalah motif unik yang berasal dari daerah ini yang ide nya diperoleh dari kebudayaan dan juga kehidupan masyarakat Tangerang setiap harinya. Motif kacang ini adalah motif yang ide nya berasal dari lingkungan masyarakat ini yang banyak terdapat tanaman kacang pada setiap halaman rumah penduduk daerah tersebut. Jenis tanah yang ada di wilayah ini sangat mendukung pertumbuhan kacang, sehingga tanaman ini tumbuh subur.

Sementara Motif Wereng merupakan motif yang diperoleh dari ayam jantan. Wereng memiliki arti galak, keseharian masyarakat yang pada zaman dahulu suka sekali mengadu ayam menjadi bagian dari nama motif batik ini. Kedua motif ini merupakan motif baju batik yang khas yang berasal dari wilayah Tangerang, motif ini terus dikembangkan dan diharapkan dapat ditemukan berbagai macam bentuk motif batik baru dari wilayah ini sehingga dapat menambah keragaman jenis motif batik yang ada di tanah air ini.

Source Motif Batik Tangerang Batik
Comments
Loading...