Motif Batik Taman Arum Sunyaragi

0 264

Motif Batik Taman Arum Sunyaragi

Pembuatan Batik Cirebon dipengaruhi oleh 4 Keraton di Cirebon (Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman, Keprabonan, dan Kacirebonan) dan daerah Cirebon memiliki pesisir yang digunakan sebagai jalur perdagangan (pelabuhan). Salah satu keistimewaan Batik Cirebon adalah kaya akan keragaman motifnya daripada daerah sentra batik lainnya. Motif Batik Cirebonan yang paling sering Anda dengar dan terkenal adalah Motif Mega Mendung. Namun, sebenernya Batik Cirebon memiliki sekitar 400-an motif batik, baik kategori Batik Keratonan maupun Batik Pesisiran. Salah satu Motif Batik Keratonan adalah Motif Taman Arum Sunyaragi.

Motif Batik Taman Arum Sunyaragi berkisah tentang kawasan taman yang masih berhubungan dengan Keraton. Konon, taman ini dulunya digunakan oleh para Sultan untuk bertapa dan merelaksasikan jiwa. Taman Arum berarti taman yang harum dan asri. Nama dari taman tersebut adalah Goa Sunyaragi (Sunya= Sunyi atau sepi; Ragi = Raga). Dalam Motif Taman Arum Sunyaragi ini digambarkan jelas lingkungan Taman Sunyaragi dengan segala aktivitas flora dan faunanya.

Motif batik ini terdapat flora dan fauna, akan tetapi motif ini tetap termasuk dalam kategori Batik Keratonan karena Taman Arum Sunyaragi merupakan situs yang masih berhubungan dengan keraton. Pakem warna dari motif batik ini layaknya karakteristik warna pada kategori Batik Keratonan, yaitu coklat, krem, dan hitam. Seiring dengan perkembangan zaman maka Motif Taman Arum Sunyaragi dapat dimodifikasi sesuai selera, misalnya menjadi warna biru ataupun warna lain.

Source Motif Batik Taman Arum Sunyaragi Batik
Comments
Loading...