Motif Batik Surya Mulyaraja

0 103

Motif Batik Surya Mulyaraja

KGPAA Paku Alam X akan menikahkan putra sulungnya, BPH Kusumo Bimantoro dengan seorang dokter Maya Lakhsiya Noorya pada 5-6 Januari 2019 mendatang.

Prosesi pernikahan agung ‘Dhaup Ageng Puro Pakualaman 2019’ akan dihelat mulai 3 hingga 6 Januari 2019 mendatang, di Kagungan Dalem Pura Pakualaman, Yogyakarta.

Ketua Umum Panitia Dhaup Ageng, KPH Indrokusumo mengatakan motif batik Surya Mulyaraja dipilih menjadi tema Dhaup Ageng yang akan diselenggarakan pada Sabtu 5 Januari 2019 mendatang.

Dari informasi yang dihimpun Tribunjogja.comSurya Mulyaraja bersumber pada iluminasi naskah Sestradisuhul (1847) yang dicipta pada masa Paku Alam II.

“Semua kain batik yang dipakai pengantin menggunakan motif Surya Mulyaraja karya Gusti Putri,” ujar Indro saat menggelar jumpa pers.

Lanjut Indro, Surya Mulyaraja merupakan manifestasi karakter Batara Surya dalam Asthabrata. Adapun karakter utama Batara Surya yang tersurat dalam Naskah Sestradisuhul yakni cermat, dermawan dan memotivasi para muridnya untuk rajin berusaha agar dapat hidup sejahtera lahir dan batin.

“Surya Mulyaraja merupakan doa atau harapan untuk meneladani karakter luhur Batara Surya,” lanjutnya.

Pada Upacara Panggih, mempelai akan menggunakan tata rias pengantin Paes Ageng yang berkiblat pada tata rias Karaton Ngayogyakarta namun dengan tetap mengedepankan ciri khas tata rias pengantin gaya Pakualaman.

Sebelum Upacara Panggih akan diselenggarakan Akad Nikah di Masjid Besar Pakualaman.

“Resepsi ini satu rangkaian kegiatan Panggih, karena waktunya berdekatan. Akad nikah dimulai pukul 07.30 WIB dengan prosesi awal, calon pengantin kakung keluar dari Puro Pakualaman diiringi oleh prajurit berjalan kaki menuju Masjid Ageng Pakualaman. Pengantin wanita menunggu di masjid,” jelasnya.

Prosesi selanjutnya yakni Upacara Panggih yang akan berlangsung di Kagungan Dalem Masjid Ageng Pakualaman

Source http://jogja.tribunnews.com http://jogja.tribunnews.com/2018/12/26/motif-batik-surya-mulyaraja-jadi-tema-dhaup-ageng-puro-pakualaman-2019
Comments
Loading...