Motif Batik Sumedang

0 388

Motif Batik Sumedang

Ada beberapa motif batik dan pola batik yang berasal dari daerah Sumedang yang mendapatkan sumber bentuk dan juga ide dari berbagai macam benda peninggalan sejarah dan juga sosial budaya yang berada daerah ini dan berlaku di masyarakat setempat. Motif batik dari daerah Sumedang ini beberapa diantaranya adalah Motif Batik Lingga, Motif Batik Daun Boled, Motif Batik Hanjuan, kemudian Motif Batik Klowongan Tahu dan masih banyak yang yang merupakan motif baju batik yang berasal dari bentuk dan juga sejarah kerajaan yang ada di daerah Sumedang ini.

Salah satu motif batik dari daerah ini adalah Motif Batik Kuda Renggong. Motif batik ini yang memperlihatkan budaya yang dimiliki oleh masyarakat daerah Sumedang dan merupakan salah satu atraksi wisata yang sering dipamerkan dan merupakan kesenian yang terkenal dari daerah ini. Motif batik selanjutnya adalah Motif Batik Daun Boled. Motif batik yang memperlihatkan salah satu keunggulan produk yang berasal dari daerah ini yaitu ubi cilembu. Motif batik dengan gambar daun boled yang merambat ini merupakan motif baju batik yang sangat indah dan juga sangat menawan.

Batik dan juga berbagai macam kesenian lain sudah seharusnya mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah daerah. Namun yang sangat di sayangkan adalah seni pembuatan batik di daerah ini cukup sulit untuk berkembang yang disebabkan oleh beberapa hambatan seperti sulitnya modal dan juga sangat jarang generasi muda Sumedang yang mau dan ingin menjadi seorang pembuat batik. Saat ini di daerah Sumedang memang perkembangan seni batik tidak seperti di daerah lain yang mengalami perkembangan yang cukup pesat sehingga lapangan pekerjaan seperti usaha batik sangat sedikit diminati dan juga di lirik oleh para anak muda dari daerah Sumedang ini.

Source Motif Batik Sumedang Batik
Comments
Loading...