Motif Batik Sidomukti Carica

0 213

Motif Batik Sidomukti Carica

Pembuatan Batik Sidomukti Carica pada dasarnya meniru Batik Sidomukti Yogyakarta. Motif Sidomukti Carica juga diciptakan setelah mendapat pelatihan dari Yogyakarta. Sehingga batik ini diberi nama Batik Sidomukti Carica. Batik Sidomukti merupakan batik yang ada di daerah dan merupakan salah satu batik klasik, kain Batik Sidomukti digunakan dalam upacara perkawinan, yang sudah ada dari dulu. Motif pada sidomukti merupakan motif geometris membentuk bidang-bidang persegi yang masing-masing diisi dengan motif pohon hayat, kupu-kupu, bangunan dan garuda.

Di Carica Lestari secara konsep bentuk motif memang sama dengan sidomukti, tetapi motif untuk mengisi bidang persegi diganti dengan motif carica. Sidomukti mengandung simbolisme tentang maknanya. Sido dalam bahasa Jawa berarti menjadi, dan mukti berarti kemulyaan. Jadi, sidomukti berarti mendapat kemulyaan, dengan nama ini dan dengan mengembangkan motif carica pada Batik Sidomukti harapannya supaya batik Carica Lestari menjadi mudah dikenal dan usahanya berkembang serta perekomonian dapat meningkat sehingga memperoleh kemulyaan.

Variasi motif pengisi bidang sidomukti dimaksudkan supaya motif carica dapat menyatu dengan batik yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat. Dengan penggabungan nama pada batik klasik yang sudah terkenal kalau dilihat memang sekilas sama seperti Batik Sidomukti tetapi motif yang digunakan hanya motif carica. Motif carica merupakan motif utama pada Batik Sidomukti Carica sama dengan bentuk motif carica yang dasar. Pada Batik Sidomukti Carica proporsi motif diperkecil dan untuk tangkainya diperpendek yaitu dengan ukuran panjang motif 7 cm dan tinggi 7 cm, sedangkan panjang tangkai 3 cm.

Source http://eprints.uny.ac.id/27571/1/Anita%20Hidayati%2C%2009207241012.pdf
Comments
Loading...