infobatik.id

Motif Batik Sentani Papua

0 16

Motif Batik Sentani Papua

Perkembangan era perbatikan di Papua, bermula pada tahun 1985. Dimana saat itu, pemerintah Indonesia mendapatkan bantuan dari The United Nations Development Programme (UNDP). Bantuan tersebut berupa pemberdayaan kebudayaan di daerah Indonesia bagian Timur Papua.

Perbedaan motif batik papua dengan jenis batik lainnya di Nusantara terletak pda motifnya. Jika motif Solo dan Jogja, biasanya dibuat simetris maka motif Papua justru kebalikannya. Motif batik Papua kerap dibuat asimetris dengan tambahan kombinasi warna cerah, membuat motif batik Papua terlihat lebih eksotis.

Perbedaan lainnya terletak pada penggunaan jenis motif yaitu batik Jawa lebih banyak mengandung simbolisasi dalam penggunaan jenis motif. Sedangkan motif batik Papua sebagian besar menampilkan kedekatan dengan unsur alam.

Salah satu motif batik yang berasal dari Papua yaitu Motif batik Sentani. Motif batik Sentani memiliki simbol gambar alur melingkar. Motif batik Sentani dengan ciri gambar alur batang kayu yang melingkar-lingkar dengan jenis warna hanya satu atau dua warna dan ada pula motif yang divariasi dengan sentuhan garis emas dan dijuluki batik prada.

Source https://qlapa.com/blog/pesona-batik-papua http://www.infobudaya.net/2017/10/batik-papua-bentuk-keanekaragaman-batik-di-indonesia/
Comments
Loading...