Motif Batik Satrio Manah

0 405

Motif Batik Satrio Manah

Batik yang dengan segala bentuknya merupakan identitas dari bangsa Indonesia. Pada era keraton tempo dulu, kegiatan membatik merupakan mata pencaharian bagi para wanita Jawa, bahkan kegiatan membatik dilingkungan keraton surakarta sangat dikenal sebagai suatu pekerjaan yang eksklusif. Batik Solo memiliki ciri khas, baik dalam proses cap maupun tulisnya. Pewarna yang digunakan untuk membatik menggunakan bahan alam, yaitu soga. Motif Batik Solo Sidomukti dan Motif Batik Solo Sidoluruh merupakan contoh pola batik tulis Solo yang terkenal.

Motif batik memiliki makna tersendiri, lain motif lain makna. Motif  batik Solo yang diciptakan beraneka ragam, dengan harapan dapat membawa kebaikan bagi pemakainya. Motif Batik Solo yang dikenal antara lain yaitu, Motif Batik Solo Jenis Parang, Motif Batik Solo Jenis Barong, Motif Batik Solo Jenis Kawung dan Motif Batik Solo Jenis Sawat. Selain dari jenis Batik Solo yang disebutkan ada juga jenis Batik Solo yang lain yaitu Batik Satrio Manah.

Batik Motif Satrio Manah ini biasa dipakai oleh wali pengantin pria pada saat prosesi lamaran/meminang. Makna dari motif batik ini supaya lamaran dapat diterima oleh pihak calon pengantin wanita beserta keluarganya.

Source https://batik-tulis.com/ https://batik-tulis.com/blog/batik-solo/ https://batik-tulis.com/blog/macam-macam-motif-batik-di-indonesia/
Comments
Loading...