Motif Batik Sasirangan Kulat Karikit Khas Banjarmasin

0 279

Batik Kalimantan secara umum memupunyai ragam warna yang lebih mencolok dan berani. Perpaduan warna yang dipakai menggunakan warna pastel seperti hijau, shocking, pink, oranye juga warna merah yang menjadi salah satu ciri khas kombinasi warna dari batik Kalimantan.

Awal mulanya masyarakat Kalimantan dalam proses membuat batik masih memanfaatkan serat binatang dan kapas sebagai bahan dasar untuk membuat kain, seiring perkembangan jaman dan semakin langkanya bahan tersebut, maka masyarakat Kalimantan menggunakan bahan non kapas seperti sutra, rayon, polyester, dan lain-lain.  Ditinjau dari cara pembuatan, batik Kalimantan dikerjakan seperti cara membuat batik pada umumnya yaitu dengan menulis menggunakan lilin dan canting, melalui proses pewarnaan, pelorotan hingga proses pengeringan dengan dijemur dibawah atap terlindung dari matahari.

Batik Kalimantan yang terkenal di Banjarmasin adalah Batik Sasirangan yang juga mempunyai banyak motif salah satunya Motif Batik Sasirangan Kulat Karikit. 

Motif Batik Sasirangan Kulat Karikit

Kulat Karikit adalah tumbuhan jenis cendawan yang hidup menempel pada batang atau dahan pohon, termasuk tumbuhan yang menumpang, tetapi tidak merugikan tumbuhan yang ditumpangi seperti halnya parasit benalu.

Kulat Karikit hidup mandiri mencari makan sendiri sehingga dapat dimaknakan hidup mandiri dan tahan penderitaan. Bentuk gambarnya mirip dengan motif gigi haruan tetapi lebih kecil dan juga biasanya tersusun secara vertikal. Motif Batik Sasirangan Kulat Karikit termasuk motif batik tradisional yang sudah ada sejak jaman dahulu.

Source Motif Batik Sasirangan Kulat Karikit Kulat Karikit Batik Kalimantan
Comments
Loading...