Motif Batik Sasirangan Kambang Kacang Khas Banjarmasin

0 1.004

Kain Sasirangan saai ini diciptakan para perajin kain sasirangan. Semakin beragam motifnya semakin banyaknya peminat akan kain sasirangan dari luar daerah Banjarmasin. Keunikan kain ini menjadikan daya tarik tersendiri bagi pemakai. Kain ini tergolong dalam kerajinan tekstil tradisional sehingga kain sasirangan memiliki nilai seni yang tinggi. Saat ini kain sasirangan belum sepopuler batik Jawa, tetapi saat kita cermati dari segmen permintaan pasar, kain sasirangan semakin hari semakin tinggi peminatnya.

Saat ini menggunakan kain tradisional baik batik atau kain tradisional lainnya sudah tidak dianggap kuno karena saat mengenakan kain tradisional seperti kain sasirangan atau kain tradisional lainnya sudah menjadi trend dalam masyarakat. Banyak dijumpai dalam aktivitas sehari-hari baik dalam bekerja atau aktivitas lainnya. Mengenakan kain tradisional selain bertujuan untuk mengenalkan budaya daerah. Kain sasirangan sekarang sudah menjadi ciri khas kain daerah Kalimantan Selatan dan menjadi salah satu sumber devisa daerah. Kain sasirangan mempunyai banyak motif yang menarik salah satunya Motif Batik Sasirangan Kambang Kacang.

Motif Batik Sasirangan Kambang Kacang

Kambang kacang adalah sejenis tanaman yang digemari oleh suku Banjar, biasanya dicampur dengan sayuran lain seperti labu dan kacang hijau untuk santapan sehari-hari. Tak heran jika kambang kacang umum ditemui di dapur masyarakat Banjar. Motif sasirangan kambang kacang memiliki makna mewakili kerukunan dan keakraban masyarakat Banjar.

Source Motif Batik Sasirangan Kambang Kacang Kambang Kacang Batik Sasirangan
Comments
Loading...