Motif Batik Sasirangan Hiris Pudak Khas Banjarmasin

0 1.172

Banjarmasin  terkenal dengan kerajinan kain tenun Sasirangan dengan sentra kerajinan berada di Kampung Sasirangan. Sasirangan merupakan kain batik khas suku Banjar yang berada di Kalimantan Selatan. Keunikan dari kain batik sasirangan ini nampak pada ragam motif batiknya bervariasi. Kain batik sasirangan dahulunya merupakan kain tenun yang digunakan sebagai pakaian adat untuk kegiatan upacara adat yang berlaku di suku banjar. Menurut kepercayaan masyarakat Banjar kain batik sasirangan dapat digunakan sebagai “obat” untuk kesembuhan bagi orang yang terkena musibah yaitu suatu penyakit (pamintaan).

Motif tradisional batik sasirangan yang dikenal dengan istilah Motif Klasik. Sejak dahulu sudah memiliki bebrapa macam motif dan motif batik sasirangan ini diberi nama sesuai dengan corak ataupun gambarnya serta makna dibalik nama tersebut. Motif batik sasirangan tradisional salah satunya Motif Batik Sasirangan Hiris Pudak.

Motif Batik Sasirangan Hiris Pudak

Pudak adalah sebuah tanaman sebutan orang banjar untuk tanaman pandan. Tanaman pandan ini sering ditanam di halaman rumah suku banjar. Pandan sering digunakan untuk bahan pewangi alami atau pemberi aroma pada setiap masakan.

Selain digunakan untuk pemberi aroma sedap, tanaman pandan banyak dimanfaatkan suku Banjar sebagai pewarna kue, sebagai campuran bunga rampai (bunga-bunga dalam upacara adat) ketika melaksanakan acara adat suku Banjar seperti acara pernikahan ataupun acara-acara lain. Motif sasirangan hiris pudak bermakna bahwa sebagai manusia harus bermanfaat untuk sesamanya.

Source Motif Batik Sasirangan Hiris Pudak Hiris Pudak Motif
Comments
Loading...