Motif Batik Sasirangan Gigi Haruan Khas Banjarmasin

0 909

Kain Sasirangan digunakan sebagai kain adat yang biasa digunakan pada acara-acara adat suku Banjar. Kata sasirangan berasal dari kata menyirang yang berarti menjelujur, karena dikerjakan dengan cara menjelujur kemudian diikat dengan tali raffia dan selanjutnya dicelup, hingga kini sasirangan masih dibuat secara manual. Batik sasirangan dibagi menjadi 2 motif yaitu motif tradisional dan motif modern. Motif tradisional adalah motif yang sejak dahulu telah digunakan dan diberi nama sesuai dengan corak ataupun gambar serta makna dibalik nama motif tersebut. Motif modern yaitu motif yang dibuat beraneka macam tidak tergantung oleh motif-motif terdahulu sehingga memberikan motif-motif baru. Motif sasirangan modern menggabungkan 2 unsur atau lebih seperti penggabungan batik dengan sasirangan dan masih banyak lagi. Motif tradisional salah satuntya Motif Batik Sasirangan Gigi Haruan.

Motif Batik Sasirangan Gigi Haruan

Haruan adalah ikan yang banyak hidup di rawa-rawa atau sungai di Kalimantan. Ikan haruan atau ikan gabus ini biasanya berwarna hitam dan memiliki gigi-gigi yang runcing dan tajam. Ikan Haruan mengandung protein yang tinggi dan menjadi salah satu ikan favorit masyarakat suku Banjar dan sekarang sulit dicari.

Motif sasirangan gigi haruan memiliki pola runcing bergerigi. Motif sasiranagan gigi haruan mengandung makna akan ketajaman berfikir seseorang dalam melihat kehidupan. Setiap tindakan dan langkah yang dilakukan harus didasari akan ketajaman berfikir kedepannya agar menjadi lebih baik.

Source Motif Batik Sasirangan Gigi Haruan Gigi Haruan Motif
Comments
Loading...