Motif Batik Sasirangan Daun Jaruju Khas Banjarmasin

0 412

Indonesia terkenal dengan berbagai macam kebudayaan, tidak hanya budayanya saja, bahkan untuk karya budaya seperti halnya kain batik khas dari Indonesia pun juga turut meramaikan mancanegara. Salah satu jenis dari kain batik yang cukup terkenal adalah kain batik Sasirangan yang berasal dari daerah Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Batik Sasirangan memang cukup dikenal orang karena ia memiliki jumputan yang hampir menyerupai batik khas Yogya, namun tentu saja untuk motif batik sasirangan jelas berbeda dengan jenis kain batik yang berasal dari Yogya. Kain dari batik Sasirangan ini pada umunya digunakan dalam kebutuhan adat seperti halnya dalam acara adat suku Banjar.

Sementara penggunaan kata Sasirangan itu sendiri diambil dari kata menyirang yang memiliki arti menjelujur. Hal ini dikarenakan dalam pembuatannya, kain tersebut dilakukan dengan cara menjelujur, lalu diikat dengan menggunakan tali rafia. Setelah itu barulah kain tersebut pun dicelupkan. Hingga saat ini pembuatan kain batik sasirangan masih dilakukan dengan menggunakan cara tradisional atau tanpa bantuan mesin. Sehingga butuh waktu lama untuk membuat kain batik sasirangan. Batik sasirangan mempunyai banyak motif salah satunya Motif Batik Sasirangan Daun Jaruju.

Motif Batik Sasirangan Daun Jaruju

Daun jaruju adalah salah satu tanaman yang banyak ditemui di Kalimantan Selatan. Kebanyakan suku Banjar menanam daun jaruju di sudut pekarangan rumah dimanfaatkan untuk mengusir hama tikus. Motif sasirangan daun jaruju bermakna sebagai simbol penolak bala yang dapat mendatangkan musibah.

Source Motif Batik Sasirangan Daun Jaruju Daun Jaruju Batik Sasirangan
Comments
Loading...