Motif Batik Riau dan Pembuatannya

0 38

Motif Batik Riau dan Pembuatannya

Ada macam-macam motif batik riau yang diaplikasikan pada kain. Seperti yang telah disebutkan, motif tumbuhan cukup mendominasi. Beberapa di antaranya adalah Bunga Hutan, Tampuk Manggis, Kipas Lingga, Bunga Kundur, Kasih Tak Sampai, dan lain sebagainya. Ada juga motif hewan seperti Semut Beriring, Itik Pulang Petang, serta Lebah Bergantung. Seperti halnya batik jawa, tiap-tiap motif di batik riau pun mempunyai filosofi atau makna yang dalam.

Sebut saja Tampuk Manggis dengan filosofi anak Melayu yang pandai dalam menutup aib, menolak rasa malu, dan berlidah lembut. Seorang wanita yang memakai Kipas Lingga dengan motif daun bulan muda menandakan kalau dia masih gadis atau remaja. Sedangkan mereka yang sudah berumah tangga akan memakai motif bulan penuh. Lantas Kasih Tak Sampai, sesuai namanya, mempunyai filosofi untuk tidak terlalu banyak memberikan rasa kasih yang akan merusak kepribadiannya.

Merunut dari sejarah batik riau yang panjang, proses pembuatannya bisa dikatakan cukup sulit. Setelah menggunakan cap, kini sebagian besar batik riau memakai teknik yang hampir sama dengan batik jawa. Lantas untuk bagian pewarnaan, jenis batik ini memakai metode pencoletan. Kemudian bagian polanya akan menggunakan metode sulaman tekat, di mana sudah jarang ditemukan dan hampir punah.

Source http://ariswahyum.web.ugm.ac.id http://ariswahyum.web.ugm.ac.id/batik-riau#more-13
Comments
Loading...