Motif Batik Rawa Pasung

0 153

Motif Batik Rawa Pasung

Batik Bekasi merupakan karya seni batik yang identik dan bahkan menjadi ikon batik daerah Bekasi. Batik Bekasi terdiri dari 12 motif, peluncuran 12 pakem batik Bekasi ini bersamaan dengan HUT Kota Bekasi yang ke-17 pada tanggal 10 Maret 2014 dan juga dihadiri oleh Abang Mpok Kota Bekasi sebagai Duta Wisata Kota Bekasi dan Putera Puteri Kartini sebagai Duta Remaja Kota Bekasi.

Acara peresmian Batik Bekasi ini diadakan di Lapangan Pemerintah kota Bekasi. Tahap awal pengenalan motif tersebut dilakukan kepada sekitar 650 siswa SD dari Kecamatan Bekasi Selatan yang mengikuti Gerakan Mencanting di sekolah. Dinas Pendidikan Kota Bekasi akan menerapkan penggunaan batik Bekasi sebagai seragam sekolah pada 2015. Selain Batik Tugu Bekasi dan Batik Rawa Gatel terdapat juga batik dengan Motif Rawa Pasung yang pembuatnya terinspirasi dari para pejuang rakyat Kota Bekasi dalam melawan tentara Sekutu.

Batik Rawa Pasung merupakan motif yang dibuat untuk mengenang sejarah heroism keberanian pejuang rakyat Bekasi dalam menghadang Tank Sekutu yang akan melintas di perlintasan kereta api Rawa Pasung, Kranji Bekasi. Para pejuang Bekasi menggunakan taktik dengan cara menutup perlintasan kereta api dengan menggunakan palang pintu.

Pasukan Sekutu mengira akan ada kereta api yang akan lewat terus mereka pun berhenti dengan diiringi oekikan takbir dan para pejuang menyergapnya. Mereka melompat ke panser, tank, maupun truk. Dengan berbagai senjata tajam dan ilmu berdiri yang dimiliki mereka menghujam semua tentara yang mereka hadapi. Karena serangan yang tidak diduga pihak tentara Sekutu tidak sempat melakukan perlawanan.

Source Motif Batik Rawa Pasung Batik
Comments
Loading...