Motif Batik Rawa Gatel

0 143

Motif Batik Rawa Gatel

Batik yang berasal dari Kota Bekasi msaih tergolong batik baru. Batik Bekasi pertama dikenalkan oleh Walikota Bekasi pada tanggal 4 Juni 2013 yang bertempat di Mall Bekasi Square. Kemudian dilanjutkan launching resmi pada acara Hut Kota Bekasi ke 17 pada tanggal 9 Maret 2014 bertempat di Plaza Pemkot Bekasi.

Batik yang tergolong batik baru tentunya corak dan motif batiknya belum terlalu banyak dibuat. Ada motif batik yang berdasarkan pada ciptaan Tim Kreatif Batik Kota Bekasi yang kemudian diperbanyak dan dimodifikasi. Tim Kreatif Batik merupakan sebuat tim yang dibentuk oleh Dinas Porbudpar Kota Bekasi. Kota Bekasi adalah Kota Patriot. Kota ini pernah mengalami perjuangan fisik melawan Tentara Sekutu pada perang perjuangan untuk dapat mempertahankan kemerdekaan. Ada banyak cara untuk dapat mengenang perjuangan kemerdekaan Indonesia salah satunya dengan menggunakan media batik. Batik yang tercipta dari inspirasi masyarakat Bekasi untuk dapat mempertahankan kemerdekaan Indonesia adalah Motif Batik Rawa Gatel.

Pembautan Batik Rawa Gatel terinspirasi dari kisah pendaratan darurat Pesawat Dakota milik Sekutu karena kerusakan pada mesin. Pada tanggal 23 November 1945 di Rawa Gatel, Cakung Bekasi pada zaman dulu Cakung masih bagian wilayah dari Kota Bekasi. Ketika hendak di tolong ternyata tentara Sekutu yang ada di dalam pesawat tersebut melepaskan tembakan. Hingga akhirnya tentara Sekutu tersebut di tawan oleh Pejuang Bekasi. Peristiwa ini memicu pembakaran pembumihangusan Bekasi oleh tentara Sekutu. Motif batik ini dibuat dengan makna agar terus mengenang para pejuang yang dengan gagah berani melawan tentara Sekutu.

Source Motif Batik Rawa Gatel Batik
Comments
Loading...