Motif Batik Rasamala Khas Betawi

0 533

Batik selalu identik dengan Kota Solo, Jogja, Pekalongan, dan Cirebon. Tetapi selama ini Kota Jakarta juga memiliki batik dengan bermacam-macam motif. Beberapa tahun terakhir, pemerintah daerah DKI Jakarta sudah mulai mempopulerkan kembali Batik Betawi sebagai kekayaan budaya orang Betawi. Sejak tahun 2009, Museum Tekstil Jakarta yang terletak di kawasan Tanah Abang kerap mengadakan pameran Batik Betawi. Museum Tekstil Jakarta memiliki banyak koleksi Batik Betawi yang kebanyakan merupakan sumbangan dari Yayasan Sirih Nanas pimpinan H. Emma Agus Risri.

Hanya segilintir orang yang tahu tentang batik Betawi. Seiring dengan pertumbuhan kota, akhirnya pengrajin Batik Betawi hilang dari Jakarta karena dianggap tak cocok untuk lingkungan dan popularitasnya pun tenggelam. Belakangan ini akhirnya Batik Betawi muncul kembali dengan motif-motif yang baru namun tetap dengan ciri khas Betawi.

Motif Batik Betawi terinspirasi dari kesenian budaya Betawi yang dipengaruhi oleh budaya Arab, India, Belanda, dan Cina. Beberapa contoh Batik Betawi salah satunya Motif Batik Rasamala.

Sebetulnya batik Betawi memiliki keunikan dari daerah lain adalah warga Betawi itu sendiri, baik kalangan atas maupun kalangan bawah menggunakan motif yang sama, yang membedakan adalah pemilihan bahannya. Untuk kalangan atas, umumnya terbuat dari bahan mori halus cap sen. Sedangkan untuk kalangan bawah, terbuat dari mori kasar atau belacu.

Motif Batik Rasamala

Motif Batik Rasamala mengisahkan ketika Belanda mulai memasuki wilayah Sunda Kelapa. Ketika itu Sunda Kelapa masih seperti hutan belantara yang ditumbuhi pohon Rasamala. Orang Betawi menganggap pohon Rasamala sebagai pohon keramat karena memiliki bau yang wangi.

Source Motif Batik Rasamala Batik Betawi
Comments
Loading...