Motif Batik Pucuk Rebung Khas Betawi

0 1.137

Batik adalah sehelai kain yang dibuat secara tradisional dengan beragam hias dan variasi motif. Pembuatannya menggunakan teknik celup rintang dengan malam atau lilin batik sebagai bahan dasar perintang warna. Batik yang dihasilkan berdasarkan pembuatannya terdiri dari batik tulis, batik cap, batik printing dan batik kombinasi. Batik merupakan salah satu kekayaan budaya Indonesia dan sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia yang patut dilestarikan.

Perkembangan batik dengan desain-desain motifnya yang khas dari masing-masing daerah telah memperkaya batik Indonesia, sehinga setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas tersendiri di balik model batiknya, tak terkecuali motif pada batik betawi. Kelompok etnis betawi merupakan hasil asimilasi dari beberapa kelompok etnis yang ada di Jakarta, Batavia atau Sunda Kelapa pada jaman dahulu. Asimilasi itu kemudian menghasilkan budaya Betawi yang memiliki ciri-ciri berbeda dengan budaya etnis lainnya (Melalatoa, 2004). Betawi dikenal dengan berbagai karakteristik yang melekat seperti Ondel-Ondel, Kerak Telor, Lenong, Gambang Kromong, Bahasa Betawi dan Batik Betawi. Batik betawi yang lebih dikenal saat ini memiliki corak dan motif yang cukup unik dan tidak kalah dengan batik-batik khas daerah lain yang sudah populer selama ini. Kekhasan batik betawi terlihat dari warnanya yang mencolok dan meriah seperti warna merah, hijau, oranye, kuning dan warna-warna cerah lainnya. Warna cerah yang dipilih dikarenakan warna gelap dianggap sebagai lambang dari kesedihan. Selain itu yang tidak kalah penting, motif dari batik betawi memiliki makna dan arti tersendiri. Salah satunya Motif Batik Pucuk Rebung.

Motif Batik Pucuk Rebung

Batik Betawi Motif Pucuk Rebung merupakan khas batik pesisir yang menggambarkan “pucuk batang bambu”. Motif Pucuk Rebung menjadi seragam wajib ketika pemilihan Abang-None Jakarta. Batik Betawi Motif Pucuk Rebung sering digunakan sebagai busana bawahan None Jakarta. Pada pemilihan gubernur Jakarta beberapa waktu lalu.

Source Motif Batik Pucuk Rebung Pucuk Rebung Batik Betawi
Comments
Loading...