Motif Batik Pringgondani

0 178

Motif Batik Pringgondani

Pada awalnya batik diciptakan menggunakan kain berwarna putih yang terbuat dari bahan kapas (kain mori). Seiring perkembangan jaman proses membuat kain batik dapat juga menggunakan katun, sutera, rayon, poliester, dan bahan sintetis lainnya. Ragam Motif batik itu sendiri diciptakan menggunakan cairan lilin dengan media alat yaitu canting untuk motif halus, dan atau kuas untuk motif batik tulis yang berukuran besar, Selanjutnya cairan lilin tersebut akan dapat meresap dengan baik kedalam serat sebuah kain.

Kain yang sudah selesai dilukis menggunakan canting tadi selanjutnya dicelup untuk pewarnaan seperti halnya dengan Batik Jawa lainnya. Proses pencelupan ini biasanya dimulai dengan menggunakan warna-warna muda yang selanjutnya proses pencelupan warna lebih tua untuk mendapatkan motif warna kain yang lebih gelap. Setelah beberapa kali proses pewarnaan kain batik, maka kain batik tersebut dicelupkan ke dalam larutan kimia untuk melarutkan lilinnya. Salah satu jenis motif batik yang memperkaya Batik Indonesia adalah Batik Pringgondani.

Pemberian nama pada Batik Pringgondani ini diambil dari nama tempat tinggalnya Gatotkaca anak Bimo/Werkudara. Motif Batik Pringgondani ini biasanya menampilkan corak gelap seperti biru nila (biru indigo) dengan soga alam berwarna coklat dipenuhi sulur-suluran atau alur kecil yang dikombinasi dengan naga.

Source https://batik-tulis.com/ https://batik-tulis.com/blog/macam-macam-motif-batik-di-indonesia/ https://batik-tulis.com/blog/batik-jawa/
Comments
Loading...