Motif Batik Petungkriyono Ikon Batik Legenda Pekalongan

0 194

Motif Batik Petungkriyono Ikon Batik Legenda Pekalongan

Batik Pekalongan memiliki ciri khas tersendiri yang membedakan dengan batik dari daerah lain. Ciri khas corak batik khas pesisiran terdapat pada corak warna-warni cerah, motif flora, dan fauna. Batik merupakan sebuah hasil karya yang terinspirasi dari renungan dan terciptalah sebuah desain yang memiliki filosofi. Berbagai macam motif batik yang dibuat memiliki jalan cerita sendiri. Failasuf sedang dalam proses membuat batik bermotif Garuda dan Petungkriyono.

Motif Batik Garuda sendiri menggambarkan rasa persatuan dan perdamaian antara suku bangsa dan ras, yang pada akhirnya tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Berbeda dengan Motif Batik Petungkriyono, dengan membuat tiga motif sekaligus. Batik itu terinspirasi dari pesona hutan alam Petungkriyono yang masih asri. Gambar motif itu ada alam curug, perkebunan, hutan alam, binatang, wisatawan. Tiga desain Batik Petungkriyono ini yang akan menjadi ikon legenda Batik Pekalongan.

Proses pembuatan batik hingga jadi tiga desain Batik Petungkriyono itu diperkirakan membutuhkan waktu sekitar tiga bulan. Rencananya, ikon batik legenda Pekalongan itu akan di-launching pada saat Hari Jadi Kabupaten Pekalongan ke-395 pada akhir bulan Agustus 2017. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, karya seni batik harus bekerja sama dengan baik antara, konseptor, penggambar, pewarna, dan pemopok. Untuk itu dunia perlu mengetahui bagaimana proses rumit membatik, karena jarang sekali lukisan yang hasil dari banyak orang yang menjadi sebuah karya.

Source http://www.liputan6.com/ http://regional.liputan6.com/read/3053596/perjalanan-batik-pekalongan-melintasi-zaman
Comments
Loading...