Motif Batik Pertemuan SBY dan Jokowi yang Sarat Makna

0 37

Motif Batik Pertemuan SBY dan Jokowi yang Sarat Makna

SBY juga mengenakan kemeja bermotif batik saat bertemu dengan Presiden Joko Widodo. SBY, yang merupakan Presiden ke-6 RI, dan Jokowi mengenakan batik yang sarat makna ketika menghadiri peresmian gedung baru KPK di Jl Kuningan Persada, Jakarta Selatan, pada akhir 2015.

“Yang dipakai Jokowi adalah motif ceplok buketan, buketan berasal dari kata bouquet: rangkaian bunga. Motif ini, sekalipun sudah lama, buah akulturasi budaya Eropa, melalui noni-noni Belanda di Tanah Air yang memproduksi batik, maka lahirlah motif varian ini. Sementara batik SBY adalah motif wayang klasik dengan latar limaran atau bilik,” papar Abdul, yang meraih gelar master antropologi dari Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Abdul menilai motif yang dipakai kedua tokoh di pertemuan tersebut cukup menarik. Motif yang dipakai keduanya sarat akan makna. “Buketan mengajak persatuan, bersama dalam satu ikatan. Sementara tokoh wayang kita dapat bicara soal keteladanan, dan limarannya sendiri adalah suatu rangkaian yang membatasi ruangan,” tutur Abdul.

Abdul juga menjabarkan panjang mengenai sejarah motif batik di Nusantara. Ada banyak perspektif dalam menilik sejarah motif batik. “Banyak sudut pandang membaca awal sejarah batik. Pertama, kalau kaitannya bentuk artefak di mana dipadupadankan dengan batik hari ini, ternyata ada motif kawung hari ini sama dengan motif kawung pada artefak-artefak yang ditemukan,” ungkap Abdul.

Source https://news.detik.com/ https://news.detik.com/berita/4142472/mengungkap-makna-batik-di-pertemuan-sby-dan-prabowo
Comments
Loading...