Motif Batik Pekalongan Buketan Untuk Anak Muda

0 43

Motif Batik Pekalongan Buketan Untuk Anak Muda

Motif batik Pekalongan memang terkenal dengan motif yang modern dan warna-warni. Hal ini karena adanya perpaduan antara budaya asing dengan budaya masyarakat setempat, mengingat Pekalongan merupakan pintu perdagangan di masa lampau. Selain motif batik klasik Jlamprang, batik Pekalongan pun memiliki motif yang cantik dan cerah untuk anak muda yang dikenal dengan motif buketan. Motif batik buketan ini sangat cocok untuk kalangan kaum muda karena motifnya fresh, terutama untuk kaum hawa.

Motif batik buketan ini berasal dari kata bahasa Perancis bouquet yang berarti rangkaian bunga. Motif ini mudah anda kenali karena motif dalam batik ini bergambar bunga, kupu-kupu, burung hong, burung bangau, dan tumbuhan yang bersulur-sulur seperti tanaman yang tumbuh di Eropa. Gambar-gambar tersebut dirangkai dalam suatu rangkaian yang cantik, dengan warna yang indah.

Filosofi dari motif batik ini ialah kebahagiaan,keceriaan,kecantikan,kelembutan dan kemurnian. Maka, pembatik berharap agar si pemakai batik selalu tampak ceria dan bahagia. Batik motif buketan ini di suguhkan dengan warna yang cerah dan cantik, berbeda dengan warna batik Yogya dan Solo. Anda bisa menemukan warna merah, merah muda, biru, dan perpaduan warna yang elegan dan fresh.

Batik motif buketan ini banyak berkembang di daerah pesisir Jawa pada abad ke-19. Bersamaan dengan adanya pengaruh Eropa di zaman kolonial, khususnya Belanda. Selain itu motif batik buketan ini juga dipengaruhi oleh keberadaaan pedagang dan pengusaha batik dari Tiongkok pada masa lampau. Hingga saat ini motif buketan selalu berkembang dengan variasinya, dan tampil lebih modern. Apalagi dengan kreatifitas seniman batik, kini motif buketan bisa anda temukan di mana saja, di handicraft, kemeja, gaun, atau pun produk batik yang lain.

Source http://pusatgrosirsolo.com/ http://pusatgrosirsolo.com/artikel-batik/motif-batik-pekalongan-buketan-untuk-anak-muda/
Comments
Loading...