Motif Batik Pasuruan

0 1.175

Motif Batik Pasuruan

Motif Batik Pasuruan pada umumnya memperlihatkan berbagai bentuk dari alam mereka yang sangat indah. Salah satu motif batik dari kota ini ada yang memperlihatkan bentuk motif kembang siring dan juga motif baju batik yang menggunakan bentuk dari burung kepodang. Motif batik ini telah menjadi ikon dari kota ini, bahkan saat ini motif baju batik tersebut telah menjadi baju batik yang menjadi seragam wajib bagi seluruh siswa sekolah dasar yang ada di wilayah pasuruan ini.

Motif batik kota ini banyak yang berasal dari keindahan alam kabupaten ini, yang salah satunya adalah keindahan alam gunung bromo. Selain itu ada juga motif batik yang memperlihatkan bentuk potensi alam yang terdapat di daerah pegunungan Tutur. Motif ini berupa Bunga Krisan. Motif ini memperlihatkan bentuk bunga cantik yang memiliki berbagai macam warna dan seringkali dipakai sebagai bunga yang menjadi hiasan dalam rumah atau bahkan dipakai dalam acara pernikahan.

Motif batik yang memperlihatkan bentuk bunga anggrek yang diberi nama motif batik Ciptaning Panca Kusuma Wijaya. Nama tersebut merupakan sebuah nama yang memiliki cerita yaitu tentang perjalanan Raja Erlangga ke daerah gunung Arjuna yang merupakan daerah yang sangat indah dan dipenuhi dengan banyak bunga anggrek. Selain itu ada juga Motif Batik Welirang Gendomukti yang merupakan motif batik yang memperlihatkan bentuk gunung yang memiliki bentuk naik dan juga turun. Nama dari berbagai motif batik dari Kota Pasuruan memang dibentuk sedemikian rupa sehingga memiliki kesan budaya Jawa dan juga terdengar klasik. Dengan begitu diharapkan motif batik tersebut dapat diingat dan tidak mudah dilupakan.

Source Motif Batik Pasuruan Batik
Comments
Loading...