Motif Batik Paras Gempal Khas Banyumangi

0 776

Banyuwangi terletak di ujung timur Pulau Jawa yang berbatasan dengan Pulau Bali. Kota ini memiliki sejarah yang unik tentang batik. Tak banyak masyarakat yang mengetahui bahwa Banyuwangi merupakan salah satu daerah asal batik di Nusantara. Sejarah Batik Banyuwangi berawal ketika terjadi penaklukan Blambangan oleh Mataram yang pada saat itu dalam masa pemerintahan Sultan Agung pada tahun 1633. Daerah-daerah yang menjadi wilayah penaklukkan adalah Blambangan, Panarukan, dan Blitar. Saat masa kekuasaan Mataram di Blambangan, banyak anak muda Blambangan yang dibawa ke pusat Pemerintahan Mataram Islam di Plered, Kotagede, disana mereka belajar membatik. Seiring dengan perkembangan jaman terjadi kepentingan politik yang mutualisme, yang akhirnya menetapkan membatik sebagai identitas penguasaan atau simbol penaklukan terhadap budaya yang dilingkupinya.

Motif Batik Paras Gempal

Batik Banyuwangi merupakan sebuah perwujudan nilai estetika ragam hias khas Banyuwangi. Motif-motif Batik Banyuwangi tidak hanya sebuah perwujudan estetika dari ragam hias namun juga memiliki nilai–nilai yang dianut oleh masyarakat Banyuwangi.

Semua nama motif dari batik asli Bumi Blambangan ini ternyata banyak dipengaruhi oleh kondisi alam. Terdapat motif batik yang tercipta salah satunya Motif Batik Paras Gempal. Paras dalam bahasa Using diartikan batu paras, sedangkan gempal adalah lepas atau pecah. Perajin mendapat ide motif ini dari keadaan alam, yaitu batu padas yang berwujud batuan yang pecah-pecah.

 

Source Motif Batik Paras Gempal Khas Banyumangi Batik Banyumangi
Comments
Loading...