Motif Batik Parang Mangkara

0 39

Motif Batik Parang Mangkara

Batik Parang adalah motif batik Jawa yang terinspirasi dari deburan ombak di pantai, berlawanan dengan kepercayaan bahwa inspirasi batik Parang berasal dari senjata Parang. Batik ini diciptakan pada abad ke 16 oleh seorang raja Mataram bernama Danang Sutowijoyo.

Setiap Motif batik klasik memiliki sejarah dan makna khusus. Batik Parang adalah motif asal Jawa dengan motif khasnya adalah bentuk huruf S yang menyambung dan berulang-ulang. Bentuk huruf S yang berulang tersebut memiliki alur diagonal 45°.

Batik Parang pertama kali diciptakan oleh raja ke-3 Mataram, yaitu Raja Danang Sutawijaya. Motif Parang sendiri terinspirasi ketika Raja Sutawijaya bermeditasi, saat itu ia memperhatikan deburan ombak yang tanpa henti menabrak karang hingga berlubang-lubang. Beberapa makna yang terkandung pada batik Parang sendiri adalah kekuatan mental yang kokoh, kebijaksanaan dan keadilan, dan konsistensi dalam melakukan kebaikan dalam hidup. Salah satu motif batik Parang Mangkara.

Parang Mangkara termasuk dalam pola parang. Parang adalah karang yang tajam atau cadas, melambangkan ketajaman rasa dan pikir. Pada motif ini pola parang dihiasi mangkara, yaitu stilisasi dari mahkota yang dikenakan raja. Parang mangkara melambangkan bahwa seorang raja harus melindungi rakyatnya. Dahulu motif ini dikenakan oleh para ksatria.

Source https://www.pemoeda.co.id/batik https://www.pemoeda.co.id/blog/batik-parang https://furniturebatik.wordpress.com/2011/08/05/motif-batik-di-monumen-batik-yogyakarta-part-4/
Comments
Loading...