Motif Batik Parang Carica

0 163

Motif Batik Parang Carica

Batik Parang Carica merupakan batik dengan bentuk polanya diagonal seperti rejeng. Masyarakat Wonosobo terutama yang berada di desa senang memakai kain batik (jarit) yang bentuk polanya miring, terinspirasi dari hal tersebut sehingga diciptakanlah Batik Parang Carica. Di dalam batik ini terdapat dua motif yaitu Motif Carica dan Motif Bunga Padi.

Motif Carica

Motif Carica pada Parang Carica bentuknya sama dengan dasar motif carica yang terbentuk dari bentuk daun tanaman carica. Bentuk motifnya merupakan gambar naturalis dari daun yaitu berupa daun dengan bentuk seperti daun pepaya dengan enam tulang daun. Pada bagian tengah daun juga diberi unsur garis sebagai kesan serat daun. Ukuran motif carica panjang 4 cm, tinggi 4 cm dan panjang tangkai 2 cm. Pada Batik Parang Carica terdapat dua macam Motif Carica yaitu Motif Carica dengan tangkai daun cembung dan Motif Carica dengan tangkai cekung.

Motif Bunga Padi

Wonosobo merupakan daerah pegunungan yang hasil pertaniannya melimpah terutama adalah padi. Dengan potensi alam ini dibentuklah sebuah motif yang bentuknya dipengaruhi oleh bentuk tanaman padi. Motif diambil dari kembang (bunga) tanaman padi. Motif merupakan penggambaran naturalis dari bunga padi, yang tersusun dari garis lengkung-lengkung yang disusun secara vertikal. Ukuran motif bunga padi yaitu panjangnya 18 cm dan tinggi 1,5 cm.

Source http://eprints.uny.ac.id/27571/1/Anita%20Hidayati%2C%2009207241012.pdf
Comments
Loading...