Motif Batik Pamiluto

0 119

Motif Batik Pamiluto

Batik Solo menjadi salah satu daya tarik wisatawan ketika berkunjung. Beberapa sentra Batik Solo adalah kampung Batik Laweyan, dan kawasan kampong wisata Batik Kauman. Laweyan merupakan daerah perajin batik berasal. Batik sudah menjadi darah daging bagi masyarakatnya, dan biasanya diturunkan dari leluhurnya. Batik merupakan identitas bangsa Indonesia. Dahulu kala, keterampilan membatik menjadi mata pencaharian bagi perempuan Jawa. Bahkan pekerjaan membatik dikenal sebagai pekerjaan eksklusif.

Batik Solo memiliki ciri khas, baik dalam proses cap maupun tulisnya. Pewarna yang digunakan menggunakan bahan lokal, yaitu soga. Motif batik memiliki makna tersendiri, lain motif lain makna. Motif  batik Solo yang diciptakan beraneka ragam, dengan harapan dapat membawa kebaikan bagi pemakainya. Salah satu jenis Batik Solo adalah Batik Pamiluto.

Batik Solo Motif Pamiluto ini biasanya dikenakan oleh ibu dari pihak mempelai wanita pada saat acara tukar cincin. Motif batik ini memberi arti agar ikatan pernikahan tidak dapat dipisahkan seperti mimin lan mintuno. Pamiluto berasal dari kata pulut.

Source https://thekurniabatik.wordpress.com/ https://thekurniabatik.wordpress.com/tag/satrio-manah/ https://batik-tulis.com/blog/macam-macam-motif-batik-di-indonesia/
Comments
Loading...