Motif Batik Pace Gong Khas Pacitan

0 132

Motif Batik Pace Gong Khas Pacitan

Motif khas Kabuapten Pacitan berupa buah pace atau mengkudu dan karang laut. Batik klasik buatan masyarakat Pacitan kini terancam punah karena para pembatiknya sudah memasuki usia renta dan regenerasi masih belum menyamai hasilnya. Motif Pace yang menjadi ciri khas Batik Pacitan ditampilkan dengan memadukan motif ukel dan bunga teratai. Dasar blok dengan motif batuan koral mengisi kekosongan ruang di sela-sela motif utama hal ini untuk menampilkan kesan Pacitan yang banyak terdapat batu-batuan.

Desain Batik Pace ini berawal dari bentuk segi empat beraturan. Bagian dalam motif segi-segi empatnya diisi dengan buah pace yang disusun membentuk segi empat berselang-seling dengan motif kulit buah pace yang sedang ditumbuhi bunga-bunga. Bagian dalam kotak segi empat dibuat variasi, ada yang diblok dengan malam ada yang dikosongkan. Motif tersebut memiliki arti sebuah ketulusan dan pengabdian seseorang kepada yang dikasihi agar terhindar dari berbagai macam musibah atau penyakit. Banyak motif batik yang sudah dibuat salah satunya adalah Motif Batik Pace Gong.

Batik Motif Pace yang besar-besar dengan paduan kupu-kupu yang besar-besar pula sehingga diberi judul Pace Gong atau Pace yang besar-besar seperti gong gamelan. Batik ini di desain oleh Aditya Nugraha yang masih taraf belajar, dipakai untuk baju sendiri, namun kenyataannya ada pembeli yang berminat untuk mengkoleksinya. Pewarna batik yang dipakai adalah pewarna sintetis hijau ( GIB ) dan kuning ( IRRD ) dipadu dengan Naptol merah B.

Source Motif Batik Pace Gong Khas Pacitan Batik Motif
Comments
Loading...