Motif Batik Pace Galaran Khas Pacitan

0 203

Motif Batik Pace Galaran Khas Pacitan

Batik Pacitan memiliki keunggulan kompetitif dari sisi warna, karena pada pembuatan batik ini menggunakan bahan alami dari akar-akaran dan kulit kayu sehingga tampilan batiknya terkesan sangat lembut. Batik ini selain awet, mengandung anti oksidan serta ramah lingkungan. Pengaruh gaya Solo pada karya-karya Batik Pacitan sangatlah terlihat. Namun berkembang pula gaya Pacitan sendiri, yang ditandai motif-motif klasik pedalaman dengan warna-warna yang lebih pekat dari soga.

Keindahan alam telah memberikan inspirasi terhadap ragam hias dan Motif Batik Pacitan, yang sarat dengan simbol-simbol hayati. Motif Pace salah satunya dan yang menjadi ciri khas Batik Pacitan ditampilkan dengan memadukan motif ukel dan bunga teratai. Dasar blok dengan motif batuan koral mengisi kekosongan ruang di sela-sela motif utama hal ini untuk menampilkan kesan Pacitan yang banyak terdapat batu-batuan. Salah satu motif batik yang dibuat oleh masyarakat Pacitan adalah Motif Batik Pace Galaran.

Batik Pace Galaran terdapat motif utama buah Pace yang dibuat berselang-seling dengan daun, bunga dan buah Pace. Obyek bunga, daun, buah Pace ditaruh di berbagai tempat dibatasi tepian batu, dimana masing-masing batuan diberi latar (tanahan) dengan motif-motif yang berbeda. Batik ini di desain oleh Toni Retno pada tahun 2013. Menggunakan pewarna alami dari daun mangga yang dikunci dengan tawas dan tunjung.

Source Motif Batik Pace Galaran Khas Pacitan Batik Motif
Comments
Loading...