Motif Batik Melayu Batam Kepri “Gonggong dan Gelombang”

0 1.134

Motif Batik Melayu Batam Kepri “Gonggong dan Gelombang”

Batik motif Gonggong merupakan corak khas hasil kerajinan batik yang dibuat oleh masyarakat Kepulauan Riau. Gonggong atau nama latinnya Strombus Turturella adalah salah satu jenis siput laut yang terdapat di sekitar perairan Kepulauan Riau. Masyarakat di Kepulauan Riau banyak yang menyukai siput ini karena enak untuk dinikmati dan kini juga hadir dalam bentuk batik yang tentunya dengan dirangkai dan didesain sedemikian rupa sehingga menjadi motif yang khas. Motif ini terdiri dari susunan gonggong yang berderet memanjang berseling-seling dengan gambar gelombang yang juga berderet memanjang. Motif ini menggambarkan gonggong, siput laut yang banyak di temukan di pantai batam dan tanjung pinang kepulauan Riau, di tempat hidupnya yaitu diantara gelombang.

Filosofi dari motif ini adalah dimanapun tempat kita hidup dan tinggal, baiknya kita dapat menyesuaikan dengan tempat itu sebaik-baiknya agar merasa nyaman. Beradaptasi dan bergaul dengan lingkungan tempat tinggal dengan baik. Pesan orang tua bahwa dengan selalu berkelakuan baik, dapat membawa ketentraman dan kebahagiaan dunia akherat.

Motif ini mengandalkan kesederhanaannya, baik susunan gambar gonggong dan gelombangnya, serta warnanya yang senada, dengan tambahan satu warna untuk menghilangkan ke monotonannya. Sedangkan warna putih adalah warna khas batik, yang menjadikan batik itu lebih hidup. Warna yang dipilih untuk kain kebanyakan warna-warna terang, seperti kuning, ungu, merah, dan biru langit. Motif-motif tersebut merupakan kreasi Efiyar M Amin, warga asli Tanjungpinang.

Source Motif Batik Melayu Batam Kepri “Gonggong dan Gelombang” Batik
Comments
Loading...