infobatik.id

Motif Batik Megamendung Ikon Batik Cirebon

0 28

Motif Batik Megamendung Ikon Batik Cirebon

Motif yang paling terkenal dan menjadi ikon Cirebon adalah motif megamendung,  yang termasuk dalam jenis wadasan. Motif ini memiliki warna gradasi yang sangat bagus, pewarnaan biasa dilakukan sebanyak lebih dari tiga kali. Batik motif megamendung melambangkan awan pembawa hujan sebagai lambang kesuburan dan pemberi kehidupan.  Sejarah motif ini berkaitan dengan sejarah kedatangan bangsa Cina di Cirebon. Sunan Gunung Jati yang mengembangkan ajaran Islam di daerah Cirebon menikah dengan seorang putri Cina bernama Ong Tie.

Motif Awan ini menggambarkan pengaruh kebudayaan Cina dalam desain batik Cirebon. Terinspirasi dari benda seni yang dibawa dari Cina seperti keramik, piring dan kain berhiaskan bentuk awan. Para pembatik keraton menuangkan budaya dan tradisi Cina ke dalam motif batik yang mereka buat, tetapi dengan sentuhan khas Cirebon. Terdapat perbedaan antara motif megamendung dari Cina dan yang dari Cirebon, pada motif megamendung Cina, garis awan berupa bulatan atau lingkaran, sedangkan yang Cirebon, garis awan cenderung lonjong, lancip dan segitiga.

Motif Batik Megamendung merupakan ikon batik daerah Cirebon. Motif batik ini mempunyai kekhasan yang tidak ditemui di daerah penghasil batik lain. Bahkan karena hanya ada di Cirebon dan merupakan masterpiece. Motif Megamendung sebagai motif dasar batik sudah dikenal luas sampai ke manca negara. Sebagai bukti ketenarannya, motif megamendung pernah dijadikan cover sebuah buku batik terbitan luar negeri yang berjudul Batik Design, karya seorang berkebangsaan Belanda bernama Pepin van Roojen. Kekhasan Motif Megamendung tidak saja pada motifnya yang berupa gambar menyerupai awan dengan warna-warna tegas, tetapi juga nilai-nilai filosofi yang terkandung di dalam motifnya. Hal ini berkaitan erat dengan sejarah lahirnya batik secara keseluruhan di Cirebon.

Dalam perkembangannya, Motif Megamendung mengalami banyak perkembangan dan dimodifikasi sesuai permintaan pasar. Motif Megamendung dikombinasi dengan motif hewan, bunga atau motif lain. Sesungguhnya penggabungan motif seperti ini sudah dilakukan oleh para pembatik tradisional sejak dulu, namun perkembangannya menjadi sangat pesat dengan adanya campur tangan dari para perancang busana. Selain motif, warna motif megamendung yang awalnya biru dan merah, sekarang berkembang menjadi berbagai macam warna. Ada Motif Megamendung yang berwarna kuning, hijau, coklat dan lain-lain.

Source https://fitinline.com/ https://fitinline.com/article/read/batik-cirebon/
Comments
Loading...