Motif Batik Mantyasih Magelang

0 239

Motif Batik Mantyasih Magelang

Terdapat beberapa unsur motif yang mengisi Batik Mantyasih Magelang, diantaranya;

  1. Motif Utama
  • Motif Lumpang Batu

Motif utama lumpang batu menyerupai bentuk asli dari lumpang batu namun lebih disederhanakan bentuknya. Motif utama ini menggambarkan batu dengan lubang ditengahnya. Motif lumpang batu ini digambarkan dengan menggunakan garis atau outline bergelombang yang tidak beraturan mengikuti bentuk dari lumpang batu tersebut. Bagian bidang gambar lumpang batu diberikan titik-titik atau motif pengisi cecek yang menyebar dari tingkat jarak yang rapat ke renggang. Motif utama Mantyasih berukuran panjang 9 cm dan lebar 5,5cm. Lubang yang tergambar dari motif lumpang batu memiliki ukuran panjang 3,2 cm dan lebar 2 cm.

  • Motif Bunga Mawar Bapak Fx Edi Winarno

Motif bunga mawar digambarkan dengan menggunakan garis atau outline yang mengikuti bentuk dari bunga mawar tersebut. Bagian tengah bunga mawar diberikan aksen titik sebagai tanda pusat bersatunya kelopak bunga. Motif bunga mawar pada batik ini memiliki lima kelopak bunga pada masing-masing gambar. Pada setiap kelopak bunga mawar diberikan garis tengah yang tidak terlalu panjang diantara titik dan ujung kelopak. Motif utama mawar pada batik Mantyasih Magelang berukuran panjang 1cm dan lebar 1 cm.

 

  • Motif Rumput Liar dan Bunga Rumput Liar atau Kembang Suket

Motif utama ketiga ini menggambarkan dua jenis rumput dan rumput yang berbunga. Rumput jenis pertama menggunakan garis yang melengkung mengikuti bentuk rumput berdaun sempit hingga meruncing pada ujungnya. Pada bagian tengah rumput yang berdaun sempit terdapat garis lurus di tengah yang melengkung dari pangkal daun mengikuti bentuk daun, garis lengkung tersebut diikuti oleh titik-titik sampai pada ujung daun yang runcing. Jenis rumput yang kedua menggunakan jenis garis zig-zag yang mengikuti bentuk gerigi rumput menjari. Bidang gambar rumput yang menjari terdapat isian garis lurus yang berjajar dengan tingkat panjang berbeda sehingga membentuk segitiga mengikuti 66 daun, serta dipenuhi oleh titik-titik, motif garis disertai titik-titik tersebut biasa disebut dengan motif pengisi sawut cecek.

  1. Motif Pengisi

Motif pengisi dari Batik Mantyasih Magelang ini menggunakan motif cecek atau motif titik-titik yang terdapat pada motif utama lumpang batu, Motif Pengisi Cecek Sawut Daun yang terdapat pada motif utama daun rumput yang menjari, dan Motif Pengisi Cecek Sawut yang digunakan untuk mengisi motif utama daun rumput liar. Motif pengisi atau motif isen digunakan untuk mengisi ruang-ruang motif yang kosong agar motif menjadi lebih seimbang dan indah.

Source Motif Batik Mantyasih Magelang Batik
Comments
Loading...