Motif Batik Lung Carica

0 174

Motif Batik Lung Carica

Batik Lung Carica merupakan batik dengan motif carica, dinamakan Batik Lung Carica karena merupakan bentuk dari Lung-lungan atau daun-daunan. Bentuk motif diambil dari bentuk tanaman kacang, penggambaran bentuknya sesuai asli atau realis tanaman kacang, tetapi pada daunnya diganti menjadi daun carica.

Adapun motif yang terdapat pada Batik Lung Carica yaitu:

Motif Carica

Motif carica pada Batik Lung Carica bentuknya dari bentuk daun tanaman carica. Pada motif carica yang biasanya diterapkan pada batik hanya diganti bentuk tangkai dan arah tangkainya. Pada Batik Lung Carica motifnya dibuat berbeda dari bentuk dasar, yaitu daun carica yang biasanya dengan tulang daun berjumlah enam buah diganti menjadi lima buah. Ukuran motif carica dengan panjang 8 cm dan tinggi 5 cm. Akibatnya motif menjadi terkesan datar dan melebar.

 

Lung

Lung adalah motif yang terbentuk dari sulur tanaman kacang. Bentuknya berupa garis yang melengkung kemudian ujungnya berupa spiral. Ukuran lung dengan dua ukuran, yaitu panjang 2 cm, dan tinggi 5 cm.

 

Motif Purwaceng

Bentuk Motif Purwaceng pada Batik Lung Carica dibuat dari bentuk daun purwaceng. Bentuk motif terkesan bulat seperti bentuk asli daun purwaceng, tetapi pada Batik Lung Carica motifnya memanjang dan terkesan melonjong. Garisnya dibuat bergelombang kecil menyeluruh, supaya seirama dengan motif carica yang garisnya bergerigi, kemudian motif purwaceng diberi tambahan unsur garis untuk memberi kesan tulang daun. Ukuran motif purwaceng dengan panjang 3 cm dan tinggi 2 cm.

Source http://eprints.uny.ac.id/27571/1/Anita%20Hidayati%2C%2009207241012.pdf
Comments
Loading...