Motif Batik Lorok

0 161

Motif Batik Lorok

Batik Lorok yang dibuat oleh masyarakat pacitan ini mengalami perkembangan dari tahun ke tahun. Motif Batik Lorok dari Pacitan ini pada tahun 1990 hampir sama dengan yang ada pada tahun 1980an. Motif Batik Lorok miliki masyarakat Pacitan ini dibuat dengan motif yang sederhana dan dalam waktu yang relatif cepat. Pembuatan batik ini juga tidak terlalu memiliki kualitas yang baik. Motif Batik Lorok ini kemudian mulai berkembang bersamaan dengan adanya pengaruh bentuk motif dari berbagai wilayah lain di Pulau Jawa ini.

Motif Batik Lorok ini dibuat dengan dua jenis batik yaitu batik yang menggunakan warna alam dan satu lagi adalah jenis Batik Klasik Modern. Motif Batik Klasik Modern ini dibuat oleh para seniman Batik Pacitan ini dengan cara para seniman Batik Lorok pada masa dahulu membuat motif batik ini. Pembuatan motif batik ini dibuat dengan cara diberi warna menggunakan wedel dan setelah itu di lorok, kemudian dibuat proses batik lagi, di proses soga lalu kemudian di lorod lagi.

Pada masa modern Batik Lorok ini mendapatkan tambahan sentuhan modern dengan menggunakan teknik colet yang memberikan warna merah dan juga kuning pada bagian tertentu dari motif batik tersebut. Selain itu desain dari Batik Lorok ini juga berkembang mengikuti keinginan masyarakat namun tetap memiliki ciri dari Batik Lorok yang menggunakan bentuk tumbuhan dan hewan daerah mereka sebagai motif batik nya. Desain batik juga dibuat lebih kontemporer mengikuti perkembangan zaman, namun tidak meninggalkan ciri khas Batik Lorok yang berupa motif flora dan fauna yang berada di lingkungan daerah Lorok Pacitan.

Source https://batikbiboll.weebly.com https://batikbiboll.weebly.com/blog/motif-batik-lorok
Comments
Loading...