Motif Batik Loreng Ondel-ondel Khas Betawi

0 1.672

Batik Betawi sudah berkembang sejak zaman Batavia. Dahulu di beberapa tempat seperti Palmerah, Bendungan Hilir, Karet Tengsin, dan Kebon Kacang batik betawi diproduksi secara rumahan. Batik Betawi yang asli masih bisa dijumpai di Museum Tekstil Kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Produksi batik Betawi tidak seperti batik-batik yang ada di Pulau Jawa  yang memproduksi batik dengan corak tertentu sehingga di kota-kota tersebut batik bisa dikenali lewat motif dan corak. Kalaupun di Betawi pernah berkembang usaha pembatikan, pengusaha dan perajinnya berasal dari kota-kota di Jawa yang sudah terkenal sebagai penghasil batik.

Kekhasan dan keunikan Batik Betawi nampak pada warnanya yang semarak sesuai dengan selera orang Betawi yang meriah. Motif dan corak Batik Betawi tak lepas dari budaya yang berkembang di Betawi dan banyak dipengaruhi budaya-budaya dari China, Arab, India dan Belanda. Warna-warnanya didominasi warna-warna cerah dengan sedikit corak, seperti biru terang, shocking pink, orange, dan hijau. Pengaruh kebudayaan China muncul melalui warna-warna merah, kuning terang dan ungu muda. Batik Betawi jarang menggunakan warna gelap karena menggambarkan kesedihan.

Motif Batik Loreng Ondel-ondel

Batik Betawi memiliki makna dan filosofi yang unik, misalnya Loreng Ondel-ondel, motif ini dibuat mengangkat figur Ondel-ondel sebagai boneka yang dapat menolak bala.

Motif ini dibuat untuk mendapatkan kehidupan yang tenteram dan jauh dari bala bencana. Motif ini mengandung harapan agar pemakainya mendapat kehidupan yang lebih baik serta jauh dari bala. Biasanya jenis batik Betawi bermotif ini digunakan pada acara besar adat Betawi.

Source Motif Batik Loreng Ondel-ondel Khas Betawi Loreng Ondel-ondel
Comments
Loading...