Motif Batik Klasik Garuda

0 325

Motif Batik Klasik Garuda

Pada masa awal dibuatnya batik dan beberapa masa setelahnya setiap Motif Batik Tradisional memiliki suatu makna yang terkandung sehingga membuat Motif Batik tersebut memiliki makna dan juga arti yang lebih dari hanya sekadar selembar kain batik saja. Motif Batik yang ada pada permukaan kain dan yang diciptakan oleh seniman zaman dahulu  pada umumnya merupakan motif batik yang diciptakan untuk suatu makna khusus dan juga berdasarkan pengalaman pribadi dari seseorang atau juga pengalaman spiritual orang tersebut.

Motif Batik Tradisional banyak yang memakai Motif Burung Garuda pada berbagai macam permukaan kain batik, dan motif ini termasuk dalam Motif Klasik. Burung Garuda adalah motif yang banyak digunakan dalam berbagai macam kain batik dan saat ini juga Burung Garuda telah menjadi lambang bangsa Indonesia. Burung Garuda jugai sebagai simbol banyak ditemui dalam berbagai macam cerita. Zaman dahulu Burung Garuda ini pernah diceritakan dan juga dilukiskan sebagai kendaraan yang dipakai sebagai kendaraan untuk menuju ke surga. Selain itu berbagai ukiran yang menggambarkan burung garuda ini banyak dapat kita temui dalam berbagai macam peninggalan sejarah baik itu kain baju batik atau sebagai ukiran pada beberapa candi.

Ada beberapa ukiran dengan bentuk Burung Garuda ini dapat ditemui terukir dengan indah pada candi yang ada di Dieng yang dikenal dengan sebutan Candi Dieng. Pada zaman dahulu dan dalam kebudayaan masyarakat Jawa, Burung Garuda adalah sebuah kendaraan yang dipakai oleh para dewa. Berdasarkan cerita yang ada dalam masyarakat Jawa pada waktu itu dapat disimpulkan bahwa Motif Batik Burung Garuda adalah motif yang cukup sering dan umum dipakai oleh Raja dan keluarga dan kerabat Keraton dan juga kerajaan pada waktu itu.

Source Motif Batik Klasik Garuda Batik
Comments
Loading...