infobatik.id

Motif Batik Khusus Untuk Acara

0 42

Motif Batik Khusus Untuk Acara

Motif batik yang ada sekarang ini beragam jenis batik tersebut, berdasarkan daerah asal pembuatan motif nya dapat  dibedakan menjadi dua daerah utama yaitu batik yang berasal dari daerah pesisir dan batik yang berasal dari daerah non pesisir atau biasanya batik yang dibuat oleh keluarga kerajaan yang biasa juga disebut dengan sebutan batik Keraton. Batik yang berasal daerah-daerah non pesisir adalah batik dengan motif yang disebut motif tradisional yang masih harus mematuhi aturan- aturan yang ada yang dalam tata cara pembuatan batik seperti yang masih bisa ditemui pada pembuatan batik yang terletak di daerah sekitar keraton solo dan juga daerah sekitar keraton Jogjakarta. Batik pada jaman dahulu saat Kerajaan Jawa masih berkuasa merupakan sebuah busana yang sakral dan dapat dipakai hanya oleh kalangan yang tertentu yaitu kalangan keluarga keraton, dan juga batik pada masa tersebut mempunyai motif yang sangat sarat akan makna.

Dalam sebuah acara pernikahan kerajaan, motif yang ada pada kain batik yang nantinya akan dipergunakan oleh para mempelai adalah motif batik yang disebut Motif Sidomukti atau juga menggunakan motif batik yang disebut dengan Motif Batik Sidoluhur. Dalam acara lain seperti acara tujuh bulanan atau yang biasa disebut oleh masyarakat Jawa dengan sebutan mitoni, maka motif yang dipakai juga berbeda, motif kain batik yang harus dipergunakan adalah kain dengan motif batik yang menggambarkan ceplok garuda dan atau kain yang memiliki motif batik yang disebut dengan Motif Parang Mangkoro, dan juga acara-acara lain yang berada dalam lingkungan keraton juga berlaku ketentuan mengenakan kain batik dengan motif yang khusus dalam menghadiri berbagai acara adat yang sakral dengan menyesuaikan motif batik yang disesuaikan motifnya dengan acara yang sedang berlangsung tersebut.

Tiap motif batik yang dibuat pada zaman dahulu mempunyai makna yang mendalam dan mempunyai pengharapan tertentu yang digambarkan dalam setiap motif batik yang diciptakan oleh setiap pengrajin batik. Motif batik yang sesuai dengan acara yang sedang berlangsung memiliki makna dan pengharapan untuk suatu kelanggengan dan juga pengharapan untuk sebuah kelancaran dalam setiap urusan sehingga berjalan tanpa halangan yang berarti.

Source https://biboll.blogspot.co.id/ https://biboll.blogspot.co.id/2014/07/motif-batik-khusus-untuk-acara.html
Comments
Loading...