Motif Batik Khas Tegal Kaya Makna

0 460

Motif Batik Khas Tegal Kaya Makna

Produk kerajian batik ternyata tidak sekadar sebagai industri pakaian semata, namun coraknya memiliki makna tersendiri. Seperti batik khas Tegal atau dikenal dengan batik Tegalan. Hal tersebut disampaikan seorang pengusaha batik Tegalan, Sri Rejeki yang juga Ketua Koperasi Cempaka Mulya. Dikatakan, batik Tegalan sendiri terkenal dengan warnanya yang gelap dan coraknya yang kasar.

Disebut gribikan, lanjut dia, karena masyarakat Tegal dulubanyak rumah yang masih menggunakan gribik atau dindinganyaman bamboo, masyarakat dulu menuangkan itu dalam batik. Adapun untuk motif sawatan merupakan motif kali pertama batik Tegal.

Selain itu, dalam motif sawatan terdapat corak sayap burung garuda yang melambangkan Negara Indonesia dan dapur ngebul yang menggambarkan zaman dulu. Motif sawatan ini menggambarkan zaman penjajahan dulu. Sawatan sendiri berasal dari kata shalawatan karena masyarakat dulu ketika membatik dengan shalawatan. Namun masyarakat lebih gampang mengucapkan sawatan dan itu berlaku sampai sekarang.

Adapun untuk motif cempaka putih, dikatakan oleh Sri Rejeki, motif ini dulunya dipakai untuk pengantin. Karena biasanya pengantin menggunakan bunga cempaka yang menandakan kesucian. Dan, yang terakhir ada motif cempaka mulya, motif ini juga digunakan untuk pengantin.

Source http://ayosemarang.com/ http://ayosemarang.com/read/2019/01/08/37824/motif-batik-khas-tegal-kaya-makna
Comments
Loading...