Motif Batik Khas Tangerang Ini Mulai Tersohor

0 1.817

Motif Batik Khas Tangerang Ini Mulai Tersohor

Pemerintah Kota (pemkot) Tangerang berusaha sekuat tenaga untuk mempertahankan ciri khas masyarakat tradisionalnya. Salah satu cara yang dilakukannya yakni dengan menjaga kelestarian batik Tangerang yang semakin populer pada saat ini.

Kepopuleran Batik Tangerang ini juga tak lepas dari upaya pemerintah pusat yang menetapkan tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional. Tak hanya itu, pada tanggal tersebut oleh UNESCO juga ditetapkan sebagai Hari Batik Sedunia. Batik khas Kota Tangerang yang dibanggakan oleh warganya ini memiliki banyak sekali ciri khas. Motif batik Tangerang setidaknya memiliki 9 motif yang dikenal di kalangan para pecinta batik.

Pemkot Tangerang sendiri juga sudah mematenkan 9 motif batik tersebut, hal ini dilakukan demi menjaga motif batik dan para perajin yang memproduksi batik Tangerang. Selain itu, motif batik tersebut juga ada yang dijadikan pakaian resmi para PNS Kota Tangerang.

9 motif Batik Tangerang yang terkenal yakni Tangerang Herang, Nyimas Melati, Perahu Naga, Akhlakul Karimah, Tari Cokek, Cisadane 1, Cisadane 2, Masjid Al Azom, dan Barongsai.

Dari 9 motif tersebut sudah lima motif batik Tangerang yang diproduksi massal dan dipasarkan. Tujuh batik yang sudah diproduksi dan dipasarkan yakni motif Tangerang Herang, Nyimas Melati, Perahu Naga, Akhlakul Karimah, Cisadane 1.

Hampir seluruh Motif Batik Tangerang ini menceritakan asal usul dan keidentikan yang terdapat di Kota Tangerang. Salah satunya adalah motif Tangerang Herang yang terdapat gambar Pendopo, Pintu Air, Perahu Naga, Sungai, dan Melati. Semua gambar tersebut merupakan gambaran dari ciri khas Kota Tangerang. Harga untuk Batik Tangerang dibanderol dengan harga Rp. 150 ribu sampai Rp. 1,5 juta. Harga tersebut tidaklah terlalu mahal dibandingkan jenis-jenis batik lainnya yang ada di Indonesia.

Source Motif Batik Khas Tangerang Ini Mulai Tersohor Batik
Comments
Loading...