Motif Batik Khas Sleman Parijotho Diluncurkan

0 32

Motif Batik Khas Sleman Parijotho Diluncurkan

Anggota Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan meluncurkan motif batik khas Sleman yakni “Parijotho” pada 25 April saat pembukaan Pameran Potensi Daerah 2014. “Motif batik tersebut merupakan ciri khas batik Sleman. Motif tersebut merupakan juara lomba desain batik tahun lalu berupa Batik Parijotho yang merupakan tumbuhan ciri khas lereng Gunung Merapi, dan hanya ada di lereng Merapi,” kata Ketua Dekranasda Kabupaten Sleman Kustini Sri Purnomo.

Batik Sleman dengan motif yang menggambarkan potensi lokal Sleman akan lebih mampu untuk “Go Nasional” maupun “Go Internasional”. Pada 23 April 2014 nanti akan digelar fashion Show di Hotel Royal Ambarukmo yang menampilkan kreasi beberapa desainer terkenal. Yang jelas pada kesempatan tersebut Batik Sleman akan lebih dikenal masyarakat dan masyarakat bisa menilai tentang kualitas Batik Sleman yang tidak kalah dengan batik yang lain.

Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan, Pemkab Sleman menyambut baik prakarsa Dekranasda Kabupaten Sleman yang berencana meluncurkan Batik Sleman. Batik Sleman yang merupakan ciri khas, harus mampu menjadi salah satu identitas Sleman, dan itu bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu media yang mudah misalnya dengan pemakaian seragam batik bagi pegawai maupun siswa sekolah pada hari tertentu. Di samping itu bisa juga anjuran pemakaian batik pada kegiatan PKK. Yang jelas Batik Sleman bisa dijadikan komoditas yang bisa menguntungkan, mengingat kualitas dan motifnya sangat lain karena memang hanya ada satu motif yang khas dari Batik Sleman.

Source https://jogja.antaranews.com/ https://jogja.antaranews.com/berita/321527/motif-batik-khas-sleman-parijotho-diluncurkan
Comments
Loading...