Motif Batik Khas Lampung

0 2.720

Motif Batik Khas Lampung

Motif Batik Lampung merupakan motif batik yang berasal dari hasil pengembangan motif kain tradisional banyak dijumpai diantaranya adalah Motif Gamolan, Motif Batik Siger, Motif Batik Kupu-kupu dan juga Motif Batik Gajah. Beberapa motif ini merupakan sebuah bentuk pengembangan motif batik dan juga budaya yang saat ini dibuat dalam bentuk sebuah kain dengan motif batik. berbagai motif batik ini seperti juga wilayah lain, adalah motif yang mengangkat kebudayaan daerah Lampung ini dalam permukaan kain batiknya.

Dengan adanya perkembangan dalam dunia busana dan juga adanya perubahan budaya dari budaya lama yang berkembang menjadi budaya modern, seni pembuatan kain batik telah mengalami banyak pengembangan baik dari segi desain dan juga dari segi motif batik yang dibuat oleh para seniman batik di wilayah ini.

Motif Batik lampung yang banyak dibuat saat ini adalah motif batik dengan gaya kontemporer tetapi tetap menggunakan kebudayaan dari masyarakat Lampung sebagai ciri khasnya. Motif batik yang menggunakan budaya daerah ini membuat batik yang ada di Lampung ini tetap memiliki makna dan juga mengandung makna filosofis dalam motif batik buatan para seniman nya.

Dengan begitu masyarakat Lampung tetap dapat merasakan kebanggaan terhadap budaya mereka sendiri dengan menggunakan baju batik yang memiliki ciri khas dari wilayah mereka. Salah satu motif batik tradisional Lampung yang hingga saat ini masih tetap ada dan di suka adalah motif batik sembagi. Motif batik ini adalah motif batik asli dari daerah lampung yang telah menjadi kain yang dipakai untuk adat dan telah menjadi kain khusus dalam adat yang dipakai sebagai kain yang menutupi mayat.

Batik dengan motif sembagi ini merupakan kain untuk menutupi mayat yang memiliki bentuk motif dengan warna yang khusus yaitu warna gelap. Sementara untuk batik dengan warna terang merupakan jenis motif batik yang lebih banyak dipakai untuk busana dan juga dijadikan sebagai baju batik. Motif batik sembagi ini banyak juga yang dikembangkan oleh para seniman batik daerah ini dengan menciptakan Motif Batik Sembagi Belando dan juga Sembagi Sekebar. Batik dari daerah lampung ini dapat dilihat memiliki ciri khas bentuk bunga kaca piring kemudian sepedundung dan beberapa ciri khas lainnya.

Source Motif Batik Khas Lampung Batik
Comments
Loading...