Motif Batik Keraton Cirebon Taman Teratai

0 82

Motif Batik Keraton Cirebon Taman Teratai

Batik Cirebon merupakan salah satu sentra dari empat sentra industri batik yang ada di Jawa Barat. Cirebon merupakan sentra batik tertua yang memberikan pengaruh terhadap ragam pola batik di sentra-sentra industri batik lain di Jawa Barat. Ornamen yang terdapat pada Batik Cirebon cukup bervariasi, karena selain dikembangkan oleh keluarga keraton dan masyarakat yang setia kepada sultan, masyarakat Cirebon juga memiliki karakter terbuka terhadap budaya asing.

Ciri-ciri batik cirebon adalah biasanya coraknya didominasi oleh warna, hitam, kuning dengan warna dasar krem. Sebagian lainnya juga berwarnabiru, merah tua, hitam dengan warna dasar kain krem atau gading.

Salah Satu Motif Taman Arum Yang Juga Dikenal Dalam Khazanah Batik keraton Cirebon adalah Motif Taman Teratai. Seperti namanya, Taman Teratai menggambarkan kolam di Keraton Kasepuhan Cirebon yang penuh berhiaskan bunga teratai. Yang menarik dari Motif Taman Teratai ini adalah dalam desainnya tidak hanya menampilkan unsur bunga teratai sebagai ragam hias utama, tetapi di dalamnya juga terdapat ragam hias kereta kencana Keraton Kasepuhan: Paksi Naga Liman, yang disamarkan. Gajah (liman) disamarkan pada bentuk wadasan (ragam hias berbentuk batu karang), naga disamarkan pada batang, dan paksi pada burung.

Source https://kepulauanbatik.com/ https://kepulauanbatik.com/2016/04/10/motif-keraton-cirebon-6-taman-teratai/ http://www.jdlines.com/2015/08/5-ciri-khas-motif-batik-cirebon.html
Comments
Loading...