Motif Batik Kawung Sen

0 1.558

Motif Batik Kawung Sen

Motif Batik Kawung merupakan salah satu jenis motif pada batik tulis kuno yang muncul dan berkembang di Nagari Ngayogjokarto Hadiningrat pada era mataram baru. Motif Batik Kawung ini beserta makna yang terkandung dalam setiap guratan motif batik yang terbentuk dari selembar kain Batik Kawung. Motif Batik Kawung sudah dikenal mulai abad ke 13 yang diciptakan oleh sultan mataram pada waktu itu, kawung sendiri menjadi motif yang diilhami oleh buah kolang-kaling dari batang pohon aren, sumber lain juga mengatakan bahwa motif batik kawung dikaitkan dengan binatang kuwangwung.

Filosofi yang terkandung pada pohon aren mulai dari atas (ujung daun) hingga pada akarnya sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia, hal tersebut menyiratkan agar manusia berguna bagi semua orang dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, juga bernegara. Salah satu jenis Motif Batik Kawung adalah Motif Batik Kawung Sen.

Motif Batik Kawung Sen merupakan salah satu jenis motif kawung dimana ukuran isen-isennya sebesar mata uang sen. Seringkali mata uang sen digunakan untuk ditebar sepanjang jalan sebagai pengiring jenasah hingga pada akhirnya kain batik kawung ini digunakan sebagai penutup orang mayat sebelum di kafani atau disemayamkan. Sumber lain mengatakan bahwa karena filosofi dari Motif Batik Kawung Sen yang memaknai kehidupan akan kembali ke alam sawung.

Source https://batik-tulis.com/ https://batik-tulis.com/blog/batik-kawung/  https://batik-tulis.com/blog/macam-macam-motif-batik-di-indonesia
Comments
Loading...