infobatik.id

Motif Batik Kawung Seling

0 37

Motif Batik Kawung Seling

Batik Kawung adalah motif tua yang berasal dari tanah Jawa yang berbentuk seperti kolang-kaling disusun pada empat sudut persegi. Motif ini menurut catatan penelitian sudah ada sejak abad ke-9 dulu. Namun konon batik Kawung baru mulai berkembang pada jaman Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat, yaitu tahun 1755 pada abad ke-18.

Terdiri dari ornamen utama yang berbentuk hampir sama dengan Kawung Kembang, yaitu bentuk bulatan lonjong diselingi dengan bentuk bunga. Tetapi ukuran serta variasi kembangnya tidak sama serta dibuat dengan perbedaan warna yang menyolok. Isen motif pada Kawung Seling terdiri dari isen titik yang dibentuk seperti garis (sawut), diletakkan pada motif kembang. Sedangkan di dalam motif utama di beri isen dua titik pada tiap-tiap bulatan (kawung). Komposisi warna pada Kawung Seling terdiri dari warna putih sebagai warna pada ornamen utama, hitam sebagai warna motif bunga dan kontur, merah soga untuk warna latar pada Motif Kawung Seling.

Batik Motif Kawung merupakan salah satu yang memiliki banyak variasi sejak zaman dahulu kala. ditambah lagi dengan adanya batik kontemporer yang lebih memiliki warna dan detai yang beragam. Batik Kawung gaya Surakarta masih terjaga motifnya sampai sekarang namun sedikit susah untuk menemukan motif yang benar-benar original.

Source https://indonesianbatik.id/ https://indonesianbatik.id/2018/02/05/8-motif-kawung-gaya-surakarta-batik-indonesia-dari-abad-ke-9/
Comments
Loading...