Motif Batik Kawung Kempalang

0 225

Motif Batik Kawung Kempalang

Bentuk pola kawung adalah babon atau induk dari bentuk estetis kawung, yaitu bentuk yang paling mirip dengan biji buah pohon enau atau pohon tal, sehingga disebut kawung saja. Pola kawung yang sederhana ini didominasi warna putih, kontras dengan garis berwarna gelap yang membingkai motifnya hingga mampu menampilkan keagungan dan kesederhanaan. Motif Batik Kawung yang sarat makna pandangan hidup tersebut termasuk pola batik larangan, bahkan ada yang disakralkan agar orang senantiasa menghormati maknanya. Kawung ini termasuk pola geometris, bentuk bujur sangkar, selalu disusun dari empat bentuk yang sama dalam susunan simetris. Salah satu jenis Batik Kawung adalah Motif Batik Kawung Kempalang.

Motif Batik Kawung Kempalang, dengan ukuran sebesar kawung kentang dengan variasi isen-isen pada bentuk ke-limanya untuk lebih memperindah tampilannya. Kawung kemplang ini pernah disakralkan, yakni dipakai untukpersembahan pada upacara labuhan.

Kawung Kemplang dalam bahasa Jawa ngemplang berarti tak dapat membayar hutang menyadarkan manusia bahwa dengan cara apapun hingga akhir hidupnya, manusia tidak dapat membalas budi hingga impas segala kebaikan budi dari alam yang telah memberinya lahan kehidupan, dengan air, api, bumi, udara, dan energi, meskipun semua itu atas perkenan Gusti Allah Kang Murbeng Dumadi.

Source https://www.fatinia.com/ https://www.fatinia.com/motif-batik-indonesia/
Comments
Loading...