Motif Batik Kawung Geger Sekurung

0 75

Motif Batik Kawung Geger Sekurung

Motif Batik Kawung merupakan batik dengan bentuk yang ditiru dari biji kawung, yakni biji buah siwalan atau buah pohon tal yang dibelah melintang. Ide dasar dalam pembuatan batik Motif Batik Kawung adalah simbolisasi dari konsep “pancapat”. Pelahiran bentuk simboliknya bersifat filosofis. Bentuk simbolik tersebut disusun dari bentuk dasar dan tekstur-tekstur sederhana, yang selalu melambangkan jumlah empat (empat bentuk yang sama), dan satu bentuk kelima (berbentuk lain) sebagai pusat atau intinya. Pancapat merupakan kehidupan, peraturan kenegaraan, politik, ekonomi, dan lain-lain.

Motif Batik Kawung yang bentuk kawungnya agak membulat seperti bentuk tubuh Kyai Semar disebut juga kawung semar. Dalam pewayangan sering dipakai oleh Kyai Semar Badranaya. Sering juga disebut kawung kentang karena ukuran setiap bentuknya sebesar umbi kentang lokal. Pola kawung yang sederhana ini didominasi warna putih, kontras dengan garis berwarna gelap yang membingkai motifnya hingga mampu menampilkan keagungan dan kesederhanaan.

Motif Batik Kawung Geger Sekurung, berbentuk unik, seolah gambang kawung pada kaca berlapis-lapis, terdiri dari beberapa jenis kawung. Pola ini menggambarkan peristiwa konflik politis di antara keluarga yang membuat geger dan membingungkan rakyat kecil.

Source https://www.fatinia.com/ https://www.fatinia.com/motif-batik-indonesia/
Comments
Loading...