Motif Batik Karawang

0 890

Motif Batik Karawang

Motif Batik Karawang dari masa ke masa dengan dimodifikasi sedemikian rupa disesuaikan ragam hias dengan memberikan aksen perlambangan masa kini yang berkaitan dengan kearifan lokal yang terkait dengan sosial budaya daerah Karawang yang masih Indonesia. Asalnya Motif Batik Karawang tersusun dengan ragam hias berunsur simbolis filosofis. Ragam hias ini berupa: garis segi tiga disebut tumpal tumpal mengandung arti ketuhanan yang Maha Esa. Bunga tarum (bunga vidas) bunga simbolik untuk agama Hindu Budha yang dibuat oleh pembatik Karawang. Bulir padi dan lumbung padi lambang kemakmuran daerah Karawang.

Ragam hias garis dan bidang geometrik sebagai motif perlambangan yang dimiliki masyarakat suku buni sebagai masyarakat asli Karawang. Garis gelombang laut sebagai lambang daerah pantai memiliki laut. Sebetulnya Motif Batik Karawang ini sangat banyak bisa mencapai 30 motif tapi yang favorit hanya 4 motif yaitu Motif Panen Raya, Motif Citarum, Motif Cigentis, dan Motif Pare Sagedeng.

Berbagai motif yang sangat identik dengan Kota Karawang sehingga dengan motif-motif ini batik khas Karawang berbeda dengan batik di daerah yang berbeda. Batik Motif Pare Sagedeng kata pare dalam Bahasa Indonesia artinya padi sedangkan sagedeng artinya satu ikat ukuran. Hingga Motif batik tersebut menunjukkan ciri khas Karawang sebagai Kota Lumbung Padi terbesar di Indonesia raya. Seperti lainnya batik motif Cigentisan nama ini diambil dan terinspirasi dari keindahan Curug.

Source Motif Batik Karawang Batik
Comments
Loading...